08 February 2014

Mengenal Penyakit Hypokalemia

Mengenal Penyakit Hypokalemia - Penyakit ini merupakan penyakit yang dikarenakan oleh kekurangan kalium yang merupakan mineral zat mikro yang penting di dalam tubuh, Kalium penting untuk membantu kontraksi otot dan menjaga keseimbangan elektrolit dalam sel tubuh, dan sebagai penghantar impuls saraf serta pembebasan tenaga yang berasal dari protein, lemak dan karbohidrat pada proses metabolisme. Pada saat aktif penyakit ini badan akan terasa lemah sekali untuk berjalan-jalan saja tidak kuat dan kalau dibiarkan tidak diobati akan menyebabkan kelumpuhan.



Gejala penyakit ini adalah:

  1. Diuresis (penambahan volume urin)
  2. Muntah-muntah,
  3. Kulit kering,
  4. Jerawat,
  5. Fungsi kognitif terganggu,
  6. Kekejangan (spasma) otot, dan terasa lemah
  7. Lemahnya tindakan refleks,
  8. Rasa dahaga
  9. Intolerans glukosa,
  10. terhambatnya pertumbuhan,
  11. Insomnia,
  12. Kolestrol,
  13. Tekanan darah rendah
  14. Tubuh mudah lelah, biasanya pada otot kaki, tangan, mata, pernapasan, otot untuk menelan. Untuk pernapasan dan menelan biasanya terjadi jika sudah fatal.
Unsur-Unsur Penyebab Kekurangan Kalium adalah:
  1. Diabetes
  2. Tumor pada kelenjar diatas ginjal
  3. Rapuhnya pembuluh darah arteri di ginjal
  4. Pemakaian obat diuretik, yang merupakan obat penambah kecepatan pembentukan urin.
Mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium merupakan cara terbaik untuk memperoleh jumlah yang mencukupi. Manusia sehat yang mengkonsumsi makanan beragam, bergizi seimbang jarang sekali memerlukan suplemen tambahan makanan. Sebagian besar buah-buahan, sayur-sayuran dan daging banyak mengandung kalium. Makanan yang mengandung sumber kalium tinggi diantaranya adalah: Garam Potasium, Pisang, Alpukat, Tomat, Jeruk, Melon, Kentang, Kacang-kacangan, Bayam dan sayuran berdaun hijau. Dan jangan dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan karena dapat terjadi komplikasi penyakit pada tubuh kita.

sumber: https://sites.google.com/site/therapistreflino/system-pengobatan-therapist-reflino/jenis-penyakit/hypokalemia-alias-kekurangan-kalium

0 komentar:

Post a Comment

Untuk Posting Komentar

 
Copyright ©  2014-2020 Rumah Ipoen  |  Template by Blogspot tutorial