08 February 2014

Mengenal Penyakit Asam Urat

Penyakit Asam Urat adalah Salah satu penyakit yang biasanya efek dari terdapatnya penyakit yang lain pada manusia, atau bisa dibilang penyakit ini ada karena sudah terjadinya komplikasi dalam tubuh, tapi dilihat dari faktor-faktornya penyakit ini terdapat 2 faktor utama yang menimbulkannya, yaitu:



1. Penyebab Primer
Penyebab ini sangat terkait dengan faktor dari dalam tubuh seseorang namun belum diketahui secara pasti. Diduga disebabkan oleh faktor genetik dan ketidak seimbangan hormonal dalam tubuh yang menyebabkan gangguan metabolisme yang dapat mengakibatkan meningkatnya produksi asam urat. Bisa juga disebabkan oleh terganggunnya proses pengeluaran asam urat dari tubuh karena ginjal lagi bermasalah.

2. Penyebab Sekunder
Penyebab ini sangat berkaitan erat dengan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. konsumsi maakanan yang banyak mengandung purin, sebagai faktor utama penyebab asam urat ini. Produksi asam urat meningkat karena kita mengkonsumsi nutrisi yang memiliki kadar purin tinggi. Purin merupakan salah satu senyawa basa organik yang menyusun asam nukleat (asam inti dari sel). Dia termasuk dalam kelompok asam amino, unsur pembentuk protein.

Produksi asam urat meningkat juga bisa karena penyakit darah (penyakit sumsum tulang, polisitemia), obat-obatan (alkohol, obat-obat kanker, vitamin B12). Penyebab lainnya dalah obesitas (kegemukan), penyakit kulit (psoriasis), kadar trigliserida yang tinggi. Pada pendertia diabetes yang tidak terkontrol dengan baik biasanya terdapat kadar benda-benda keton (hasil buangan metabolisme lemak) yang meninggi. Benda-benda keton yang meninggi inilah yang menyebabkan asam urat meninggi.

Faktor Resiko

Faktor resiko yang menyebabkan orang terserang penyakit asam urat adalah pola makan, kegemukan, dan suku bangsa.

Di dunia, suku bangsa yang paling tinggi prevalensinya pada orang Maori di Australia. prevalensi orang Maori terserang penyakit asam urat tinggi sekali, sedangkan di Indonesia prevalensi tertinggi pada penduduk pantai dan yang paling tinggi di derah Manado-Minahasa karena kebiasaan atau pola makan ikan dan mengkonsumsi alkohol.

Alkohol menyebabkan pembuangan asam urat lewat urine itu ikut berkurang sehingga asam uratnya tetap bertahan di dalam darah. Konsumsi ikan laut yang tinggi juga mengakibatkan asam urat.

Asupan yang masuk ke tubuh juga mempengaruhi kadar asam urat dalam darah. Makanan yang mengandung zat purin tinggi akan diubang menjadi asam urat. purin yang tinggi terutama terdapat dalam jeroan, sea food(udang, cumi, kerang, kepiting, ikan teri).

Kalau menurut hasil pemeriksaan laboratorium kadar asam urat terlalu tinggi, kita perlu memperhatikan masalah makanan. Makanan dan minuman yang selalu dikonsumsi apakah merupakan pemicu asam urat. Pada orang gemuk, asam urat biasanya naik sedangkan pengeluarannya sedikit. Maka untuk keamanan, orang biasanya dianjurkan menurunkan berat badan.

Yang paling penting untuk diketahui adalah kalau asam urat tinggi dalam darah, tanpa kita sadari akan merusak organ-organ tubuh, terutama ginjal, karena saringannya akan tersumbat. Tersumbatnya saringan ginjal akan berdampak munculnya batu ginjal, atau akhirnya bisa mengakibatkan gagal ginjal.

Asam urat pun merupakan faktor resiko untuk penyakit jantung koroner. Diduga kristal asam urat akan merusak endotel (lapisan bagian dalam pembuluh darah) koroner. Karena itu, siapapun yang kdar asam uratnya tinggi harus berupaya untuk menurunkannya agar krusakan tidak merembet ke organ-organ tubuh yang lain.

Oleh karena itu, dalam pengobatan penyakit asam urat, Anda harus memilik produk-produk kesehatan yang bisa menguraikan zat asam urat dan juga yang bisa memperbaiki sel-sel ginjal yang rusak.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk Posting Komentar

 
Copyright ©  2014-2020 Rumah Ipoen  |  Template by Blogspot tutorial