12 February 2014

Mengenal Manfaat Vitamin B Pada Tubuh Manusia

Mengenal Manfaat Vitamin B Pada Tubuh Manusia - Setelah setelah beberapa hari lalu saya menulis tentang Manfaat Vitamin A, pada hari ini akan menulis tentang Mengenal Manfaat Vitamin B Pada Tubuh Manusia. Oke langsung saja, secara umum Vitamin B berperan penting dalam proses metabolisme di dalam tubuh, terutama dalam hal pelepasan energi saat beraktivitas. Hal ini terkait dengan peranannya di dalam tubuh, yaitu sebagai senyawa koenzim yang dapat meningkatkan laju reaksi metabolisme tubuh terhadap berbagai jenis sumber energi serta vitamin ini berperan dalam pembentukan sel darah merah (eritrosit). Vitamin B terdapat 8 macam yang akan disebutkan dibawah ini:

Vitamin B1
Vitamin B1 yang dikenal juga dengan nama tiamin, merupakan salah satu jenis vitamin yang memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan kulit dan membantu mengkonversi karbohidrat menjadi energi yang diperlukan tubuh untuk rutinitas sehari-hari. Disamping itu, vitamin B1 juga membantu proses metabolisme protein dan lemak. Bila terjadi kekurangan Vitamin B1, kulit akan mengalami berbagai gangguan, seperti kulit kering dan bersisik. Tubuh juga dapat mengalami beri-beri, gangguan saluran pencernaan, jantung, dan sistem saraf. Untuk mencegah hal tersebut, kita perlu banyak mengkonsumsi gandum, nasi, daging, susu, telur, dan tanaman kacan-kacangan. Bahan makanan inilah yang telah terbukti banyak mengandung vitamin B1.


Vitamin B2
Vitamin B2 yang dikenal juga dengan nama riboflavin, merupakan jenis Vitamin yang memiliki peranan penting dalam regenerasi energi bagi tubuh melalui proses respirasi. Vitamin ini juga berperan dalam pembentukan molekul steroid, sel darah merah, dan glikogen, serta menyokong pertumbuhan berbagai organ tubuh, seperti kulit, rambut, dan kuku. Sumber vitamin B2 banyak ditemukan pada sayur-sayuran segar, kacang kedelai, kuning telur, dan susu. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh, kulit kering bersisik, mulut kering, bibir pecah-pecah, dan sariawan.

Vitamin B3
Vitamin B3 yang dikenal juga dengan nama niasin. Vitamin ini berperan penting dalam metabolisme karbohidrat untuk menghasilkan energi, metabolisme lemak, dan protein. Di dalam tubuh, vitamin B3 memiliki peranan besar dalam menjaga kadar gula darah, tekanan darah tinggi, penyembuhan migrain, dan vertigo. Berbagai jenis senyawa racun dapat dinetralisir dengan bantuan vitamin ini. Vitamin B3 termasuk salah satu jenis vitamin yang banyak ditemukan pada makanan hewani, seperti ragi, hati, ginjal, daging unggas, dan ikan. Akan tetapi terdapat beberapa sumber pangan lainnya yang juga mengandung vitamin ini dalam kadar tinggi, antara lain gandum dan kentang manis. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan tubuh mengalami kekejangan, keram otot, gangguan sistem pencernaan, muntah-muntah, dan mual.

Vitamin B6
Vitamin B6 dikenal juga dengan istilah piridoksin, merupakan vitamin yang esensial bagi pertumbuhan tubuh. Vitamin ini berpera sebagai salah satu senyawa koenzim A yang digunakan tubuh untuk menghasilkan energi melalui jalur sintesis asam lemak, seperti spingolipid dan fosfolipid. Selain itu, vitamin ini juga berperan dalam metabolisme nutrisi dan memproduksi antibodi sebagai mekanisme pertahanan tubuh terhadap antigen atau senyawa asing yang berbahaya bagi tubuh. vitamin ini merupakan salah satu jenis vitamin yang mudah didapatkan karena vitamin ini banyak terdapat di dalam beras, jagung, kacang-kacangan, daging, dan ikan. Kekurangan vitamin ini dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan kulit pecah-pecah, keram otot, dan insomnia.

Vitamin B7
Vitamin B7 dikenal juga dengan nama Biotin, merupakan vitamin yang diperlukan untuk membentuk asam lemak dan glukosa, yang sangat berguna dalam menghasilkan energi bagi tubuh. berperan penting dalam metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein, membantu tubuh dalam membentuk hormon, membantu mencegah uban, rambut rontok, dan kebotakan dini, mencegah terjangkitnya penyakit radang kulit atau dermatitis atau yang pada bayi disebut dengan cradle cap. Kekurangan terhadap vitamin ini dapat mengakibatkan dermatitis, hyperesthesia, keratokonjuntivitis, Anorexia, Anemia, elektrokardiografi.

Vitamin B9
Vitamin B9 dikenal juga dengan nama Asam Folat yang berfungsi agar sel-sel pada tubuh berkembang dengan benar, membentuk sel darah merah dan mencegah kerusakan saraf pada janin, Memperlancar Menstruasi, Pertumbuhan Jaringan Tubuh, mencegah bayi lahir cacat, mengoptimalkan fungsi otak, mencegah cacat pada jantung bawaan akibat kelahiran bayi, pembentukan jaringan pembentuk atau pertumbuhan rambut.

Vitamin B12
Vitamin B12 dikenal juga dengan nama sianokobalamin merupakan jenis vitamin yang hanya diproduksi oleh hewan dan tidak ditemukan pada tanaman. oleh karena itu, vegetarian sering kali mengalami gangguan kesehatan tubuh akibat kekuranga vitamin ini. vitamin ini banyak berperan dalam metabolisme energi di dalam tubuh. Vitamin B12 juga termasuk dalam salah satu jenis vitamin yang berperan dalam pemeliharaan kesehatan sel saraf, pembentukan molekul DNA dan RNA, pembentukan platelet darah. Telur, hati, dan daging merupakan sumber makanan yang baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12, kekurangan vitamin ini akan menyebabkan anemia (kekurangan darah), mudah lelah lesu, dan iritasi kulit.

Note: Untuk penggunaan vitamin ini sebaiknya tidak direbus karena vitamin B mudah larut dalam air dan mudah rusak jika dipanaskan, lebih baik dikukus tapi jangan terlalu matang.

Terima kasih telah membaca artikel tentang Mengenal Manfaat Vitamin B Pada Tubuh Manusia, Semoga Bermanfaat dan dapat dijadikan referensi untuk menjaga kesehatan kita.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk Posting Komentar

 
Copyright ©  2014-2020 Rumah Ipoen  |  Template by Blogspot tutorial