26 November 2013

Khasiat dan Manfaat Telur


Telur yang paling  baik adalah telur ayam. Telur yang direbus setengah matang lebih baik daripada yang direbus matang-keras. Pada telur terdapat keseimbangan yang sempurna. Telur yang cenderung terebus keras membantu mengusir angin yang banyak gasnya. Kuning telur cenderung bersifat panas sedangkan putih telur cenderung bersifat dingin.

Menggosok kulit muka dengan putih telur bisa menghilangkan rasa sakit akibat sengatan matahari, dan dalam bentuk pasta ia bisa menyembuhkan luka bakar dan mencegah goresan. Ia juga menghilangkan nyeri di mata. Telur setengah matang baik untuk batuk, rasa kasar di dada, serak-serak serta haemorhage(pendarahan yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah, baik di luar maupun di dalam). Ia menghasilkan banyak chyme (zat semi-cair dalam makanan yang dicerna sebagian dari perut menuju usus) yang encer. Telur adalah makanan yang baik. Terakhir, ia merupakan aphrodisiac(zat untuk membangkitkan nafsu seksual).

Diriwayatkan bahwa ketika seseorang berkata kepada Nabi saw., “Wahai Rasulullah, aku mengadu kepada Allah yang Mahakuasa tentang kelemahanku.” Nabi saw, lalu menyuruhnya makan telur. Hadis ini dicatat oleh al-Baihaqi dalam kitabnya Syu’ab al-Iman.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk Posting Komentar

 
Copyright ©  2014-2020 Rumah Ipoen  |  Template by Blogspot tutorial