20 October 2012

Kandungan Giji dan Manfaat buah Pisang

Pisang merupakan buah yang mudah dicari di Negara kita, hampir di semua tempat pasti Ada buah pisang. selain banyak ditemui di semua tempat, pisang juga mempunyai banyak Kandungan Giji dan Manfaat atau Hasiat yang sangat baik untuk tubuh kita. Di dalam pisang terdapat beberapa Kandungan Giji dan Hasiat diantaranya adalah:
Kandungan:
1. Zat besi
2. Kalori
3. Vitamin B9/Asam folat
4. Kalium
5. Tryptophan / Asam amino
6. Potasium
7. Pektin
8. Vitamin A, dll (Tergantung Jenis)

Manfaat:
1. Mengurangi Depresi
Buah pisang mengandung tryptophan, yang merupakan asam amino yang dapat diubah menjadi serotonin, yang mengarah ke perbaikan suasana hati.

2. Mencegah Anemia
Penyebab Anemia adalah kekurangan zat besi. Untuk hal itu untuk mencegah anemia dapat dilakukan dengan mengkonsumsi buah pisang, pisang baik dimakan karena mengandung vitamin yang diperlukan. 2 buah pisang cukup memenuhi asupan zat besi pasien anemia. Namun, jangan terlalu berlebihan karena 1 buah pisang sudah mengandung sekitar 85-100 kalori. Pisang juga mengandung asam polat yang mudah diserap janin melalui rahim, “kata Kathleen Zelman, MPH, RD, direktur Nutrisi dan Klinik Penurunan Berat Badan WebMD.

Asam folat atau Vitamin B9 adalah jenis vitamin B yang larut dalam air. Asam folat terkandung secara alami dalam makanan. Pada manusia, asam folat diperlukan untuk membuat asam nukleat dan hemoglobin dalam sel darah merah. Kekurangan asam folat dapat mengganggu pembentukan sel darah merah muda dan menyebabkan anemia.

Bagi wanita hamil asam folat diperlukan untuk perkembangan selubung saraf selama kehamilan yang membentuk otak dan sumsum tulang belakang. Kekurangan asam folat pada wanita hamil meningkatkan risiko kelahiran prematur, bayi dengan berat lahir rendah atau mengalami cacat pada selubung sarafnya. Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi 0,4 mg asam folat setiap hari sebelum pembuahan dan awal kehamilan dapat mengurangi risiko melahirkan bayi cacat tabung saraf hingga 70%.

3. Sembelit
Pisang bermanfaat untuk mengatasi Sembelit karena dapat menormalkan colonic fungsi usus besar dalam menyerap air pada saat yang tepat, dengan mengkonsumsinya maka dapat merangsang usus memproduksi zat pektin yang banyak dan juga dapat merubah bakteri dalam dari intestines berbahaya jenis bacila ke acidophilus bacili bermanfaat. Karena konten mereka dalam serat, mereka membantu memulihkan fungsi usus normal. Kandungang pektin, serat yang larut (hidrokoloid) dapat membantuk menormalkan gerakan melalui saluran pencernaan.


4. Perlindungan Penglihatan
Penelitian yang dipublikasikan dalam Archives of Ophthalmology telah membuktikan bahwa orang dewasa yang mengkonsumsi minimal 3 buah perhari memiliki risiko berkurang sebesar 36% mengembangkan usia degenerasi makula terkait (ARMD), penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang dewasa yang lebih tua, dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi kurang dari 1 buah setiap hari.

5. Menyehatkan Ginjal
Banyak sekali penyakit kanker ginjal didiagnosis setiap tahunnya. penelitian yang dipublikasikan Internal Journal of Cancer telah menunjukkan bahwa konsumsi harian buah dan sayuran utuh, terutama pisang, sangat protektif terhadap kesehatan ginjal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, selama jangka waktu yang panjang (13,4 tahun), perempuan makan lebih dari 2,5 porsi buah dan sayuran per hari mengurangi risiko kanker ginjal sebesar 40%. Di antara buah-buahan, pisang secara khusu pelindung. Wanita makan pisang empat sampai enam kali seminggu dibelah 2 risiko pengembangan penyakit dibandingkan dengan mereka yang tidak makan buah ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa konsumsi sering buah-buahan dan sayuran, sayuran terutama pisang, kol dan akar, dapat mengurangi risiko kanker ginjal. Hal ini karena sayuran, akar dan pisang banyak mengandung jumlah tinggi terutama senyawa fenolik antioksidan, sedangkan kubis kaya belerang, diperlukan untuk detoksifikasi efektif karsinogen potensial.

6. Menyehatkan Tulang
Pisang merupakan sumber yang sangat kaya fructooligosaccharide, suatu senyawa yang memelihara probiotik (ramah) bakteri dalam usus besar. Bakteri ini memproduksi enzim yang bermanfaat meningkatkan kemampuan pencernaan kita dan melindungi kita dari infeksi bakteri yang tidak sehat. Berkat fructo, bakteri probiotik dapat meningkatkan baik dalam jumlah dan fungsi, meningkatkan kemampuan tubuh kita untuk menyerap kalsium.

Selain itu, pisang hijau mengandung asam lemak rantai pendek dicerna (SCFAs) yang sangat nutrisi ke sel-sel yang membentuk mukosa lambung. Sel-sel ini, ketka sehat, menyerap kalsium dengan lebih efisien.

7. Mencegah Tekanan Darah Tinggi
Pisang sangat tinggi kalum (sekitar 4673mg), namun sangat rendah sodium (1mg), sehingga memiliki rasio yang sempurna untuk mencegah tekanan darah tingg. Begitu banyak sehingga, US Food and Drug Administration baru saja mengijinkan perkebunan pisang untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan risiko tekanan darah dan stroke.

8. Mengurangi Morning Sickness
Makan pisang antara waktu makan dapat membantu menjaga tingkat gula darah dan mengindari mual dipagi hari.

9. Membantu Berhenti Merokok
Pisang juuga dapat membantu orang yang mencoba untuk berhenti merokok. Mereka mengandung Vitamin B6 dan B12, serta Kalium dan Magnesium. Zat-zat ini membantu tubuh cepat sembuh dari efek penghentian nikotin.

10. Menghindari Ulkus
Ini adalah satu-satunya buah mentah yang dapat dimakan tanpa menyebabkan stress dalam beberapa kasus kronik. Hal ini juga membantu mengurangi keasaman dan mengurangi iritasi. Pisang merangsang sel-sel pada lapisan perut internal untuk menghasilkan lendir tebal (yang melindungi terhadap asam). Selain itu, pisang mengandung inhibitor protease yang membantu menghilangkan bakteri dalam perut yang telah menunjuk sebagai penyebab utama dari ulkus.

11. Memperbaiki fungsi syaraf
Pisang mengandung Vitamin B yang telah menunjukkan untuk memperbaiki fungsi syaraf.

12. Mengobati Gigitan Nyamuk
Banyak orang melaporkan bahwa menggosok bagian dalam kulit pisang pada gigitan nyamuk sangat efektif dalam mengurangi gatal dan pembengkakan.

13. Menurunkan Resiko Struk
Pisang tinggi kalium, yang membantu menormalkan detak jantung dan mengatur keseimbangan air tubuh. selama periode stress yang tinggi, kadar potasium tubuh kita cenderaung cepat habis. Makan pisang adalah cara yang sehat untuk menyeimbangkan mereka tanpa menggunakan obat.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk Posting Komentar

 
Copyright ©  2014-2020 Rumah Ipoen  |  Template by Blogspot tutorial