08 January 2010

Perencanaan Strategi (Strategic Planning)



Frederick H.Wu mendefinisikan perencanaan strategi sebagai berikut:
Perencanaan strategi adalah proses evaluasi lingkungan luar organisasi, penetapan tujuan (goal) organisasi dan penentuan strategi-strategi.
Pada dasarnya perencanaan strategi meliputi hal-hal sebagai berikut ini:
1.      Proses Evaluasi lingkungan luar organisasi.
Lingkungan luar organisasi selau berubah secara konstan dan perubahan-perubahan ini mungkin dapat mengakibatkan perubahan terhadap strategi-strategi. Pengaruh dari lingkungan luar dapat berupa kesempatan-kesempatan pasar, teknologi, tekanan-tekanan politik, sosial, persaingan, inflasi dan lain sebagainya. Lingkungan luar dapat mempengaruhi jalannya organisasi. Oleh karena itu manajemen tingkat atas harus pandai mengevaluasinya. Manajemen tingkat atas harus daat bereaksi terhadap kesempatan-kesempatan yang diberikan oleh lingkungan luar seperti misalnya produk baru, pasar baru, pengembangan pasar dan lain sebagainya. Selain itu manajemen tingkat atas harus tanggap terhadap tekanan-tekanan dari lingkkungan luar yang dapat merugikan organisasi dan sedapat mungkin merubah tekanan menjadi kesempatan.
2.      Penetapan Tujuan
Tujuan adalah apa yang ingin dicapati oleh organisasi. Tujuan ditetapkan oleh manajemen tingkat atas di dalam proses perencanaan strategi yang bersifat jangka panjang (long-range). Misalnya tujuan perusahaan adlaah dalam waktu 5 tahun menjadi penjual yang terbesar di dalam industri dengan menguasai 60% pasar.
3.      Penentuan Strategi
Manajemen tingkat atas menentukan tindakan-tindakan yang harus dilakukan oleh orgnisasi dengan maksud untuk mencapai tujuan-tujuannya. Inilah yang disebut dengan strategi. Dengan strategi semua kemampuan yang berupa sumber-sumber daya dikerahkan supaya tujuan organisasi dapat diraih. Sumber-sumber daya organisasi dapat berupa sumber-sumber daya yang terlihat seperti misalnya material, modal, personil serta sumber-sumber daya kesempatan-kesempatan lingkungan luar organisasi. Contoh strategi misalnya adalah memasuki pasar baru, mengembangkan produk baru, perubahan metode distribusi, penggunaan komputer untuk pelayanan langganan dan sebagainya. Strategi ini ditentukan oleh manajemen tingkat atas dan dilakukan oleh manajemen menengah dan tingkat bawah.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk Posting Komentar

 
Copyright ©  2014-2020 Rumah Ipoen  |  Template by Blogspot tutorial